Replace kata otmatis di Ms. Word

Mencari kata dan mengganti (replace) kata 

dalam Microsoft Word 

(Sebuah Trik untuk hari terakhir bulan November ^_^)


Berikut adalah trick pemanfaatan “word serach engine” nya di Microsoft word, yakni dengan menggunakan fasilitas “find” dalam Microsoft word.
Trick ini lumayan berguna bagi saya dulu ketika masih berurusan dengan surat-surat undangan maupun surat-surat peminjaman, ketika dokumen surat sudah jadi, ternyata ada perubahan tanggal maupun perubahan tempat kegiatan sehingga pencantuman tanggal maupun waktu kegiatan harus diganti, sementara yang diganti itu sekitar “25 kata2” dan berada di 25 halaman yang berbeda,…
                hm….. akhirnya ketemu juga cra buat menemukan kalimat apa saja yang perlu diganti tersebut, yakni menggunakan fasilitas “find” nya Microsoft word….

berikut contoh nya
1.       Buka file dokumen yang ingin dicari / di replace kata-katanya nya….

(misalnya dokumen yang rumit banyak hurufnya yang membuat pencarian manual jadi semakin sulit + makin males, kemudian kita akan mencari kata “di hatimu”)
2.       Ketik ctrl + f (ctrl ditekan bersamaan dengan tombol f), maka akan muncul kotak dialog :
 (dalam kotak dialog “navigation” inilah kita bisa mengetik kata kunci kalimat / kata apa yang akan kita cari)

3.       Ketik kata kunci kata/kalimat yang ingin anda cari, untuk contohnya saya ingin mencari kata “di hatimu” maka  kita ketikkan kata “di hatimu” di kolom “search document”
(setelah kita ketik kata “di hatimu” di kolom 0a, maka kolom bawah nya akan muncul ada di mana saja kata “di hatimu” itu berada => lihat gambar 0b, 0c)
4.       Setelah kita mengetikkannya di kolom navigasi, maka akan muncul dikolom bawahnya dmana saja letak kata “di hatimu” berada, selain itu dalam page dokumennya pun akan di blok kuning tempat kata “dihatimu” berada, namun blok warna kuning itu hanya sebagai penanda saja, jika di cetak blok kuning itu tidak akan Nampak. Lihat gambar :

5.       Selanjutnya, setelah kita menemukan kata “dihatimu” tersebut, kemudian kita ingin me replace kata-kata di hatimu itu dengan kalimat lain, misalnya saya ingin kata di hatimu ingin saya ganti dengan 00000 (angka 00000 dengan format bold, dan underline), caranyya klik gmbar anak panah yang berada di samping kolom “search” maka akan muncul :

 pilih “advance find” untuk pencarian lebih lengkapnya
6.       Setelah kita klik maka akan muncul :

Untuk pencarian kata yang lebih spesifik, klik tombol “more” untuk menampilkan pencarian lebih spesifik, bila tombol “more” sudah di klik dan muncul menu dibawahnya yang banyak, maka tombol more akan berubah menjadi tombol “less” untuk menutup pencarian spesifik.
7.       Untuk mengganti kata (me replace) kata di hatimu, pilih menu “replace”, maka akan muncul :

Berikut spesifikasi penggunaannya:
1a. klik untuk masuk menu replace
1b. ketik kata yang digunakan untuk mengganti kata “dihatimu” yakni “00000”
1c. format, adalah format yang akan digunakan pada kata pengganti (00000), yakni “bold” dan “underline”, caranya dengan memblok “00000”, kemudian “ctrl+b” (bold); dan “ctrl+u” (underline)
1d. replace, bila kita ingin me replace 1 kata saja
1e. bila kita ingin me replace seluruh kata “di hatimu” dengan “00000”,
8.       Ketik “replace all” untuk me replace seluruh kata “di hatimu” dengan “00000”.
9.       Ini hasilnya :)


Selain dapat digunakan dalam Ms. Word, shortcut "CTRL+F" juga dapat digunakan dalam notepad, firefox, atau beberapa aplikasi lain yang mendukung fasilitas search and find ini, namun tentunya dengan menu dan cara penggunaan yang sedikit berbeda
selamat belajar
^_^



Posting Komentar

0 Komentar